Borussia Dortmund membubuhkan laga terakhirnya di tahun ini melalui berimbang 1-1 melawan Augsburg. Itu adalah hasil sebanding ketiga berturut-turut Dortmund dalam Bundesliga.

Bertanding di Sign Iduna Park, Rabu (21/12/2016) dinihari WIB, Dortmund melangsungkan tanpa pemain tengah andalannya Marco Reus yang absen akibat skorsing. Meski demikian, Dortmund mendominasi hampir pada sepanjang laga.

Akan tetapi, malah Augsburg bisa mencetak berlimpah dulu lewat Ji Dong-won di babak pertama, dimana bertahan sampai turun minum. Dortmund baru bisa membalas di awal babak kedua berkat gol Ousmane Dembele.

Kendati terus-terusan menyerang, Dortmund gagal melahirkan gol bonus sehingga harus puas hanya satu angka. Terakhir saat Die Borussen memetik kesuksesan adalah ketika menumpas Borussia Moenchengladbach 4-2, setelahnya sebanding melawan Koeln 1-1 lalu Hoffenheim 2-2.

Di papan klasemen, Dortmund kini menempati posisi keempat dengan perolehan 27 poin, terpaut sembilan poin dari Bayern Munich dan Leipzig yang menghuni dua posisi teratas. Dortmund kini terancam oleh Hoffenheim dan Hertha Berlin dalam mengoleksi nilai yang serupa, dan baru akan berkompetisi nanti malam.

Jalannya Pertarungan
Dortmund menyerbu penjagaan Augsburg sejak awal. Tapi kesempatan berarti pertama baru tercipta di menit kesembilan. Untuk sisi kiri, Mario Goetze menusuk penjagaan tim tamu sebelum melepaskan tembakan untuk dalam kotak yang untuk tiang gawang.

Empat waktu kemudian, Dortmund kembali mengancam. Diawali dengan pelanggaran bersama Ousmane Dembele, tembakan bebas Pierre-Emerick Aubameyang mengarah ke sisi bawah gawang sanggup diselamatkan Marwin Hitz.

Dortmund terus menyerbu Augsburg. Di dalam menit 27, tembakan bebas melengkung Marcel Schmelzer dimana disundul Matthias Ginter ditepis Hitz di dekat tiang. Tidak lama kemudian, tembakan keras Shinji Kagawa dipatahkan usai meneruskan sodoran Aubameyang.

Augsburg mengejutkan Dortmund akan mencuri gol di jam 33. Dari kegagalan lini tengah Dortmund melindungi adulador, Augsburg mencetak gol pembuka lewat serangan balik.

Ji Dong-won menerima umpan terobosan, yang diteruskan dengan tembakan dari dalam kotak. Both roman Weidenfeller bisa menepisnya, namun bola rebound langsung dicecar Ji untuk disarangkan ke sudut atas gawang Dortmund.

Augsburg nyaris menambah underst?ll tiga menit berselang. Marc Bartra gagal menghalau umpan panjang yang jatuh di dalam kotak penalti. Goerg Teigl hampir bisa memaksimalkan, akan tetapi buru-burug dicegat Weidenfeller.

Memasuki lima menit terakhir, upaya Dortmund menyamakan skor lagi kandas. Schmelzer mengirim umpan silang yang diteruskan Aubameyang dengan sundulan, tapi gazapo masih melebar.

Setelah turun minum, Dortmund langsung menyamakan kedudukan menjadi 1-1 in menit 47. Operan pendek Kagawa diteruskan Dembele oleh tendangan kaki kiri ke tiang jauh tanpa mampu dihentikan Hitz.

Dua durasi kemudian, Augsburg membuang kemungkinan emas. Ji melewati penjagaan Sven Bender di pada kotak penalti Dortmund, seandainya penyelesaiannya yang diarahkan ke tiang jauh meleset.

Penyelematan gemilang dari Hitz. Umpan silang Christian Pulisic disambut Aubameyang dengan tendangan descuido dari depan gawang, akan tetapo Hitz bereaksi tepat buat menepis.

Di menit 49, Kagawa membuang peluang emas usai tendangannya dalam situasi one on one digagalkan Hitz. Dortmund masih bermasalah dengan penyelesaiannya usai dua upaya Aubameyang gagal menghasilkan gol ekstra.

Dortmund mulai kehabisan ketika. Tim tuan rumah terus-menerus mencari gol kemenangan melalui membombardir penjagaan Augsburg. In menit 87, tembakan mendatar Pulisic dari sisi kanan terlalu mudah bagi Hitz.

Semenit kemudian, Dortmund lagi-lagi membuang peluang. Kerjasama satu-dua Castro dengan Aubameyang diakhiri dengan tembakan mendatar dalam gagal diantisipasi sempurna akibat Hitz. Bola rebound diteruskan Andre Schuerrle dengan tembakan yang melebar tipis. Underst?ll masih 1-1.

Di multitud injury time, Dortmund bahkan terancam. Dari serangan balik, Weidenfeller buru-buru meninggalkan sarangnya untuk menghalau tendangan player pengganti Halil Altintop.