Yokohama: Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane mengomentari gol Cristiano Ronaldo yang sempat jadi perdebatan pada semifinal Piala Dunia Antarklub, Kamis 15 Desember. Menurutnya, perkembangan teknologi untuk menentukan gol tersebut belum disosialisasikan dengan baik.

Perkembangan teknologi yang disematkan dalam laga tersebut dinamakan Video Pembantu Wasit (VAR). Sistem itu memiliki kemampuan menampilkan tayangan ulang video pertandingan apabila wasit ragu-ragu untuk memberikan keputusan.

Zidane sendiri belum terlalu mengetahui VAR bakal diuji coba secara resmi lewat laga semifinal Piala Dunia Antarklub. Meski begitu, ia tetap menyambut perkembangan terkini tersebut.

“Kami tetap harus mengadaptasi apa yang FIFA inginkan. Gol Ronaldo memang sedikit memusingkan, tapi kemajuan teknologi itu harus diikuti. Kami hanya perlu mengadaptasi peraturan FIFA tersebut,” kata Zidane seusai laga.

“Kemajuan teknologi memang bagus untuk sepak bola. Tapi, kemajuan itu harus diketahui secara jelas kepada semua pihak. Itu belum terjadi dalam laga ini,” tambahnya.

Ronaldo berhasil mencetak gol penutup ketika Madrid menaklukkan America 2-0 pada semifinal Piala Dunia Antarklub. Gol CR-7 berbau kontroversi, lantaran dianulir wasit karena dianggap offside. Keputusan wasit baru berubah setelah mendapat informasi dari petugas VAR yang berada di pinggir lapangan. (soccerway)